Oleh: mipsos | April 23, 2009

PELATIHAN FASILITATOR DD/CT DI PROVINSI NAD

Tanggal 17 s.d 24 Februari 2009, PPPPTK PKn dan IPS Malang bekerjasama dengan LPMP dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Banda Aceh Provinsi NAD mengadakan Training of Trainers Deep Dialogue and Critical Thinking (ToT DD/CT). Kegiatan ini merupakan pelatihan bagi fasilitator di daerah mengenai pengembangan pembelajaran yang bernuansa DD/CT.

Pembelajaran DD/CT merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang khas untuk membelajarkan Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Pendekatan ini didasarkan pada paradigme pembelajaran yang konstruktivistik. Pendekatan pembelajaran ini masih belum banyak diketahui oleh para pendidik terutama yang berada di daerah, untuk itulah dalam kegiatan ini sekaligus sebagai sosialisasi kepada para pendidik. Pendekatan DD/CT ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif pendekatan yang digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Semakin banyak alternatif pembelajaran yang dapat dipilih dan digunakan oleh guru, maka guru akan semakin kreatif dalam menyampaikan pembelajaran di sekolah sehingga penyampaian materi di sekolah akan semakin mudah dipahami oleh anak didiknya.

Kegiatan yang berlangsung selama 8 hari itu dihadiri 40 orang peserta, terdiri dari para guru kelas I – VI SD, kepala sekolah, pengawas, dan widyaiswara LPMP. Materi yang disampaikan antara lain: Otonomi Pendidikan, KTSP, Pendekatan DD/CT, Pengelolaan Pembelajaran Bernuansa DD/CT, dan Praktik Mengajar. Sebagai Narasumber/fasilitator kegiatan ini adalah Kepala PPPPTK PKn dan IPS, Kepala LPMP Provinsi NAD, dan Kepala Dinas Dikpor Kota Banda Aceh, serta widyaiswara PPPPTK PKn dan IPS Malang yaitu: 1) Dr. Susanto, M.Pd; 2) Drs. Haryono Adipurnomo; 3) Dra. Hj. Sri Suntari, M.Si; 4) Dra. Endang Ekowati, M.Pd; dan 5) Dra. Hj. Widarwati, M.S.Ed.

Dalam kegiatan ToT DD/CT ini peserta diajak untuk merencanakan pembelajaran bernuansa DD/CT, melaksanakan pembelajaran bernuansa DD/CT baik melalui simulasi (peer teaching) atau praktik mengajar di sekolah (real teaching), sampai pada proses evaluasi pembelajaran bernuansa DD/CT.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: