Oleh: mipsos | Maret 24, 2009

P4TK PKn & IPS Malang Raih Sertifikat ISO 9001:2000

Sebagai salah satu lembaga pengembangan dan pemberdayaan pendidik tingkat nasional, sudah selayaknya jika PPPPTK PKn dan IPS Malang menerapkan budaya mutu dalam setiap kegiatannya. Perjuangan PPPPTK PKn dan IPS Malang untuk memperoleh sertifikat ISO 9001:2000 bidang  Sistem Manajemen Mutu sudah tercapai. Institusi pendidikan yang berlokasi di Jalan Veteran 9 Malang ini, berhasil memperlihatkan kerjasama tim yang solid dalam memajemen mutu dari segala bidang internal kualitas mutu. Tak salah jika SAI Global yang berkantor pusat di Australia, menganugerahi sertifikat ISO 9001:2000, karena mampu menunjukkan peningkatan dari segi mutu dan kualitas termasuk kepuasan pelanggan (peserta diklat). Sertifikat ini diserahterimakan oleh Andhika Sabang Marketing Manager SAI Global Indonesia kepada Kepala PPPPTK PKn dan IPS Malang Drs. H. Suparman Adi Winoto, S.H., M.Hum di Gedung Soka. Acara yang dilangsungkan pada hari Jumat 2 Mei 2008 pasca upacara memperingati hardiknas ini dihadiri seluruh pejabat struktural, fungsional, dan segenap staf.

Dalam sambutannya, Kepala PPPPTK PKn dan IPS mengatakan bahwa pembangunan pendidikan termasuk PPPPTK tidak boleh lepas dari tiga pilar kebijakan pembangunan pendidikan yang telah dicanangkan oleh Depdiknas, yaitu pertama, pilar perluasan dan pemerataan akses pendidikan; kedua, pilar peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan; ketiga, penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan citra publik pendidikan. Berangkat dari tiga pilar ini, ISO merupakan suatu standar prestasi yang harus dikejar oleh setiap institusi atau lembaga di bawah Depdiknas, termasuk PPPPTK PKn dan IPS. Karena ISO akan memberikan arahan untuk meningkatkan kinerja lembaga yang pada gilirannya dengan meningkatnya kinerja lembaga, maka tiga pilar kebijakan tadi bisa terwujud. Untuk itu kita tidak boleh cepat berpuas diri terhadap hasil raihan sertifikat ISO, karena yang lebih penting adalah bagaimana kita mengimplementasikan berbagai prosedur mutu yang telah kita dokumentasikan ke dalam kinerja kita sehari-hari. Terkait dengan hal tersebut, harapan lembaga terhadap semua warga PPPPTK PKn dan IPS untuk selalu: 1) mendalami dan sekaligus menyempurnakan standar prosedur mutu yang telah didokumentasikan dengan tetap berpedoman pada Permen no. 8 tahun 2007 dan peraturan-peraturan yang berlaku lainnya; 2) selalu mentaati asas terhadap dokumen prosedur mutu yang telah dibuat dalam kinerja sehari-hari.

Sertifikasi ISO 9001 : 2000 ini bukanlah merupakan tujuan akhir, karena ISO hanyalah merupakan instrumen dalam rangka memperbaiki kinerja lembaga secara berkesinambungan. Andhika Sabang Marketing Manager SAI Global Indonesia, mengemukakan bahwa sertifikat ISO ini diberikan sebagai pengakuan bahwa sistem manajemen yang dilakukan di PPPPTK PKn dan IPS Malang sudah mengikuti standar internasional ISO 9001 : 2000. Sistem Manajemen ISO 9001 : 2000 yang diterapkan menuntut adanya total komitmen tidak hanya dari manajemen, tetapi juga seluruh karyawan dan juga komitmen ini tidak hanya berhenti sampai penyerahan seritifikat ISO 9001 : 2000 saja, tetapi merupakan awal untuk menuju ke arah yang lebih baik, karena kami akan datang 6 bulan berikutnya dan jika kami temukan temuan yang kritikal terhadap sistem manajemen yang ada di lembaga ini kemungkinan auditor kami akan mencabut kembali sertifikat. Tetapi bukan untuk tujuan itu auditor kami melakukan pemeriksaan, yang penting adalah melihat bagaimana sistem ini dijalankan juga perbaikan-perbaikan yang sudah dilakukan. Standar ISO 9001 : 2000 juga mengharuskan lembaga ini memperhatikan tidak hanya persyaratan pelanggan, tetapi juga pengharapan-pengharapan dari pelanggan.

Perjuangan meraih Sertifikat ISO ini mulai dirintis bulan Agustus 2007 dengan diadakannya In House Training tentang Pemahaman, Awareness dan Dokumentasi ISO 9001:2000 yang dipandu oleh Iman Mujib Ahmad, seorang konsultan ISO dari Jakarta. IHT ini diikuti oleh 40 peserta yang merupakan perwakilan dari masing-masing unit kerja di PPPPTK PKn dan IPS. Dari IHT ini ditunjuk Wakil Manajemen Mutu (WMM).   Melalui pembuatan tim kecil, yang terdiri dari 11 orang perwakilan dari masing-masing unit, pembuatan dokumen pun dimulai dengan membuat Prosedur Mutu (Quality Procedure), Instruksi Kerja (Work Instruction) dan Form yang merupakan cerminan dari pekerjaan sehari-hari (tentunya ada perbaikan jika tahapan kurang sempurna). Dari tidak mengerti apa-apa, mencoba membuat dokumen, perbaikan demi perbaikan dilakukan untuk mendapatkan hasil yang tepat. Dengan dibimbing intensif oleh konsultan, melalui kerja keras tak kenal lelah, tim khusus berhasil merampungkan seluruh dokumen prosedur mutu dalam kurun waktu sekitar satu bulan. Tepat tanggal 5 Oktober 2007 dokumen diserahterimakan dari top manajemen kepada para kepala seksi dan kepala subbagian dengan menggelar acara Launching Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 di Gedung Kenanga. Selanjutnya dokumen-dokumen tersebut untuk digunakan sebagai pedoman kinerja.

Perubahan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) PPPPTK PKn dan IPS membuat semua unit harus bekerja ekstra. Revisi sana-sini pun dilakukan. Selanjutnya, berbagai tahapan pun dilalui, mulai dari Pelatihan Audit Internal sekaligus pemilihan lead auditor, pelaksanaan audit internal, rapat tinjauan manajemen, sampai pada pelaksanaan audit eksternal dari tim SAI Global pada tanggal 6 Desember 2007, yang kemudian diumumkan pre-compliance-audit yang dilakukan oleh auditor eksternal. Meskipun terdapat beberapa indikasi ketidaksesuaian dalam dokumen, namun sifatnya masih minor. Dari situlah semakin dapat dimengerti apa yang menjadi kekurangan lembaga dalam melakukan dokumentasi dan pengendalian dokumen serta solusinya.

Akhirnya tiada kata yang bisa disampaikan selain mengucap syukur kepada-Nya, karena pada bulan Pebruari 2008 diumumkan bahwa PPPPTK PKn dan IPS Malang telah dinyatakan layak memperoleh sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000, dan tiga bulan kemudian tepat pada perayaan hardiknas 2 Mei 2008, sertifikat itu diserahterimakan. Raihan ISO ini merupakan kado ulang tahun bagi PPPPTK yang merayakan hari jadinya ke-27 pada 20 Mei 2008. Kerja keras yang tak sia-sia. (Sus/Did/Nas)


Responses

  1. kapan di mulainya pppptk tahun 2009?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: