Oleh: mipsos | Maret 11, 2009

MIPSOS Sudah Punya Nomor ISSN

Terhitung sejak tanggal 13 Februari 2009, Buletin MIPSOS milik PPPPTK PKn dan IPS Malang memperoleh ISSN (International Standard Serial Number) atau Nomor Seri Standar Internasional, dengan Nomor ISSN: 2085-1871 – Nomor ID: 1234495095 – Nomor Kodebar: 9-772085-187006.

Apa itu ISSN? ISSN adalah sebuah nomor unik yang digunakan untuk identifikasi publikasi berkala media cetak ataupun elektronik. Nomor identifikasi ini sejenis dengan ISBN yang diperuntukkan bagi buku. ISSN diberikan oleh [ISDS] (International Serial Data System) yang berkedudukan di Paris, Perancis. ISSN diadopsi sebagai implementasi ISO-3297 di tahun 1975 oleh Subkomite no. 9 dari Komite Teknik no. 46 dari ISO (TC 46/SC 9). ISDS mendelegasikan pemberian ISSN baik secara regional maupun nasional. Untuk regional Asia dipusatkan di Thai National Library, Bangkok, Thailand. Sedangkan untuk Indonesia ditangani oleh PDII LIPI.

Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI adalah ISSN National Center untuk Indonesia, yang memiliki tugas dan wewenang untuk melakukan pemantauan atas seluruh publikasi terbitan berkala yang diterbitkan di Indonesia. Sebagai bagian dari tanggung jawab tersebut, PDII menerbitkan ISSN yang merupakan tanda pengenal unik setiap terbitan berkala yang berlaku global.

Sesuai dengan perkembangan dan era elektronik dan dijital saat ini, PDII LIPI sebagai otoritas resmi penerbit nomor ISSN untuk terbitan berkala di Indonesia telah membuka sistem registrasi dan administrasi ISSN secara online sejak 1 April 2008. Dengan demikian seluruh proses pendaftaran sampai penerbitan ISSN di Indonesia sudah dilakukan secara elektronik penuh melalui situs ISSN Online yang dikelola PDII LIPI. Dengan sistem ini pengelolaan ISSN lebih mudah, murah dan transparan. Lebih dari itu sistem ini memberi fasilitas tambahan berupa barcode generator online yang bisa dipakai untuk membuat kodebar ISSN tanpa perlu memiliki perangkat lunak yang berharga cukup mahal. Fasilitas ini merupakan yang pertama di dunia yang diintegrasikan dengan pengelolaan ISSN

Persyaratan untuk mendapatkan Nomor ISSN juga sangat mudah. Pertama kita harus melengkapi formulir permohonan online di halaman formulir permohonan ISSN baru. Setelah itu barulah kita mengunggah seluruh data elektronik yang dipersyaratkan untuk pengajuan ISSN melalui sarana yang tersedia, minimal 1) Halaman sampul depan terbitan berkala lengkap dengan penulisan volume, nomor, dan tahun terbit; 2) Halaman daftar isi; 3) Halaman daftar Dewan Redaksi. Kemudian tidak lupa melunasi pembayaran biaya administrasi sebesar Rp. 200.000,- ke rekening PDII LIPI. Setelah mengirimkan bukti transfer melalui situs ISSN, nomor dan kodebar ISSN bisa diketahui dan diunduh langsung dari halaman status pemohon setelah seluruh proses selesai dan disetujui.

Salah satu kelebihan penerbitan yang mempunyai nomor ISSN karena keberadaan majalah itu sudah diakui sehingga setiap tulisan di majalah itu bisa dijadikan angka kredit untuk promosi jabatan. Pun demikian halnya dengan Buletin MIPSOS yang telah ber-ISSN. Oleh karena itu sangat diharapkan kepada para pemegang jabatan fungsional, khususnya seperti widyaiswara dan pustakawan di lingkungan PPPPTK PKn dan IPS Malang untuk lebih produktif menulis artikel ilmiah dan aktif mengirimkannya ke Redaksi MIPSOS. Di samping akan mendapatkan tambahan angka kredit, tentunya juga akan membantu MIPSOS agar mampu terbit tepat secara berkala. (st)

Barcode yang nanti dicantumkan dalam sampul MIPSOS

Barcode ISSN yang dicantumkan dalam sampul MIPSOS


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: