Oleh: mipsos | Maret 11, 2009

Meningkatkan Kompetensi Teknologi Komputasi Melalui IHT Multimedia

Teknologi Informasi merupakan salah satu dari sekian banyak kemajuan teknologi yang merambah semua sektor kehidupan. Teknologi komputer telah dibutuhkan oleh semua orang mulai dari kalangan bawah, menengah dan atas untuk membantu sisi-sisi pekerjaan yang memang harus terintegrasi dengan pemanfaatan komputer. Tak terkecuali pada sektor pendidikan, yang memanfaatkan komputer secara menyeluruh, mulai dari administrasi kerja, pembelajaran, sampai pada penelitian untuk peningkatan mutu pendidikan itu sendiri.

Pada sebuah lembaga diklat, keterampilan seorang pengajar (baca: widyaiswara), dalam mengoperasikan teknologi komputasi secara optimal sudah barang tentu sangat membantu kelancaran tugas-tugas yang dibebankan kepadanya. Apalagi di era teknologi sekarang ini yang segala sesuatunya dituntut untuk melaporkan dan mendokumentasikan hasil kerja secara cepat. Namun tidak semua widyaiswara memiliki kompetensi bahkan pengetahuan yang lengkap dalam mengoperasikan teknologi digital itu, seperti pengetahuan dasar tentang multimedia, pengetahuan tentang aplikasi komputer yang tepat guna untuk teknologi instructional design dalam pembuatan media pembelajaran, aplikasi multimedia yang tepat sesuai dengan bidang kerja dan jenis pekerjaan, serta penggunaan dan pembuatan program multimedia khususnya untuk project instructional design atau CD pembelajaran.

Menyikapi hal itu, Tim ICT (Information and Communication Technology) PPPPTK PKn dan IPS Malang mengadakan In House Training (IHT) bagi widyaiswara, pejabat struktural, dan karyawan yang bergelut di bagian data dan dokumentasi. Kegiatan IHT berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 27 – 31 Januari 2009, dengan materi: Image Styler, Photo Editing (Adobe Photoshop), Video Editing (Video Cutter, Windows Movie Maker), Audio Editing (Cooledit Pro), dan Project Presentation. Diharapkan setelah mendapatkan IHT ini peserta memiliki wawasan dan keterampilan komputer untuk meningkatkan kinerja dalam bidang multimedia desain pembelajaran, serta mampu menerapkan hasil pelatihan dengan baik dan menambah efisiensi kerja di lembaga dalam pembuatan media pembelajaran.

Para WI sangat asyik mengikuti materi tentang audio

Para WI asyik mengikuti materi tentang audio


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: