Oleh: mipsos | Maret 11, 2009

Mengenalkan SIG Melalui In House Training

Saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi senantiasa berkembang mengikuti perubahan jaman, demikian pula dengan ilmu Geografi. Salah satu pengetahuan di dalam kajian Geografi yang kini terus mengalami perkembangan adalah SIG (Sistem Informasi Geografis).

Sistem Informasi Geografi (SIG) atau Geographic Information System (GIS), adalah sistem informasi multidisiplin yang bertumpu pada peta dan berbasis komputer. SIG dirancang sedemikian rupa agar pemakai dapat melakukan analisis, manipulasi, dan simulasi sehingga dapat diambil kesimpulan-kesimpulan yang pada gilirannya menjadi dasar diambilnya keputusan-keputusan. Data yang diperlukan untuk membentuk SIG terdiri atas data spasial (ruang) yang dalam hal ini berupa peta digital, serta data tekstual (atribut, keterangan, atau angka-angka) yang masing-masing melekat pada spasialnya.

SIG dapat diaplikasikan untuk berbagai disiplin ilmu, karena SIG memiliki keunggulan, di antaranya: 1) Dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran yang interaktif, menarik, dan menantang; 2) Dapat menghasilkan peta-peta tematik yang merupakan turunan dari peta-peta yang lain dengan hanya memanipulasi atributnya.

Mengingat pentingnya SIG dalam pembelajaran, Laboratorium Pendidikan Geografi PPPPTK PKn dan IPS Malang sebagai penyedia sumber informasi pembelajaran bidang studi Geografi pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, mengadakan In House Training (IHT) SIG. Acara ini digelar pada tanggal 9 -13 Februari 2009 di Ruang Laboratorium Komputer Gedung Anggrek Lt. III PPPPTK PKn dan IPS Jl. Veteran 9 Malang.

Acara yang berlangsung selama 5 hari ini diikuti oleh seluruh Tim Geografi, Tim ICT, para widyaiswara, dan teknisi dari unit kerja lain yang ada di PPPPTK PKn dan IPS Malang. Sedangkan narasumber pengisi materi didatangkan dari FPMIPA Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang (UM). Materi yang diajarkan meliputi: Proyeksi & Transformasi, Digitasi, Editing Data, Tabulasi Data dan Overlay Query Builder, serta Layout. Melalui IHT ini diharapkan peserta pelatihan akan mampu memberikan pelayanan terhadap kebutuhan guru tentang pemahaman SIG sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam standar isi. (st)

Kemampuan peserta IHT tidaklah selalu sama, oleh karena itu sering kali diperlukan pendampingan khusus

Kemampuan peserta IHT tidaklah selalu sama, oleh karena itu sering kali diperlukan pendampingan khusus (privat)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: