Oleh: mipsos | Januari 24, 2008

Majalah PPPG IPS dan PMP Reborn menjadi MIPSOS

PPPG IPS dan PMP yang berdiri sejak 26 tahun lalu telah menerbitkan sebuah media berupa majalah yang masih sangat sederhana dengan tampilan dan isi yang sangat sederhana, tetapi dalam majalah tersebut telah memuat sejarah PPPG secara umum. Pada tahun-tahun berikutnya penerbitan majalah PPPG IPS dan PMP mengalami berbagai kendala sehingga tidak dapat terbit selama beberapa tahun. Baru pada tahun 2000 PPPG IPS dan PMP menerbitkan kembali majalah yang sudah lama terkubur. Dan ternyata setelah terbit lagi, pada tahun-tahun berikutnya juga mengalami kendala lagi karena padatnya program-program kegiatan yang harus dilaksanakan oleh lembaga sehingga majalah hanya dicetak sekali itu dan setelah itu tidak terbit lagi sampai beberapa tahun. Dan perlu diketahui bahwa selama dua kali penerbitan itu majalah masih belum memiliki nama/identitas, saat itu hanya diberi nama Majalah PPPG IPS dan PMP. Pada penerbitan yang kedua majalah PPPG IPS dan PMP sudah lebih bagus dan keren, kontennya pun sudah lebih baik dan beragam. Sebenarnya pada tahun-tahun berikutnya majalah ini bisa terbit lagi, keseriusan dan kerja sama yang kurang solid dari berbagai pihak pendukung majalah ini yang sebenarnya menjadi hambatan dari penerbitan majalah saat itu, misal sulitnya untuk mengumpulkan naskah yang akan dijadikan bahan penerbitan majalah.

Alhamdulillah pada tahun 2006 atas usaha dan kerja keras yang dilakukan oleh tim di bawah bendera Seksi Publikasi dan Pelaporan, majalah PPPG IPS dan PMP Malang kembali hadir dengan penampilan yang baru. Seolah seperti terlahir kembali (reborn) majalah PPPG IPs dan PMP yang sempat kolaps selama beberapa tahun, kini tampil dengan wajah baru dan konten baru yang lebih keren dan berkualitas. Selama masa transisi dari masa kolaps menuju proses reborn, majalah PPPG IPS dan PMP juga mengalami banyak hambatan dan tantangan. Tidak sedikit orang dan bahkan pegawai PPPG IPS dan PMP yang menyangsikan kehadiran kembali majalah PPPG IPS dan PMP, kritik dan celaan mengenai kualitas isi dan penampilan majalah sering diterima oleh redaksi majalah, bahkan benturan-benturan dengan unsur-unsur yang ada di PPPG IPS dan PMP pun juga banyak dialami oleh pihak redaksi. Akan tetapi dengan komitmen bersama dari redaksi untuk menghadirkan kembali media cetak PPPG IPS dan PMP yang sempat tenggelam, akhirnya majalah tersebut dapat terbit dengan 60 halaman.

Pada penerbitan yang ketiga ini majalah PPPG IPS dan PMP Malang sudah memiliki nama majalah walaupun masih dirasa masih kurang tepat, yaitu Media Ilmu Pengetahuan Sosial. Pada perbitan kali ini majalahnya berbentuk buletin, dengan harapan penampilan dan konten dari majalah ini bukan majalah yang murni ilmiah seperti jurnal dan juga bukan majalah murni berisi berita populer, melainkan gabungan dari keduanya, di dalamnya terdapat artikel-artikel ilmiah dan juga terdapat berita-berita aktual maupun ulasan dan wawancara dari para pakar. Sengaja pada penerbitan kali ini buletin dimulai dengan edisi pertama bukan edisi ketiga karena dianggap pada edisi ini adalah edisi reborn.

Redaksi sudah bertekad untuk menerbitkan buletin secara berkala yaitu setiap enam bulan sekali. Pada edisi kedua tahun 2007, redaksi kembali menerbitkan buletin. Akan tetapi kali ini redaksi mengganti kembali judul buletin, kali ini redaksi sudah mantap dengan judul yang dibuat dan sepakat untuk tidak menggantinya lagi. Dengan alasan pada buletin yang pertama judul buletin terlalu panjang dan sulit untuk diingat oleh pembaca. Pada edisi kedua ini judul buletin yang diambil adalah MIPSOS, kepanjangan dari Media Pendidikan Kewarganegaraan dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Mengenai konten dan penampilannya redaksi berusaha semaksimal mungkin untuk selalu mengadakan perbaikan, mengingat personal yang terlibat dalam redaksi juga masih perlu banyak belajar. Redaksi Mipsos sangat berhadap tanggapan, kritik, dan kerja sama dari berbagai pihak utnuk lebih menyempurnakan kualitas penampilan dan konten dari buletin Mipsos. Doa dari para pembaca sangat diharapkan oleh redaksi agar Mipsos dapat secara berkala hadir dan menjadi sumber pengetahuan bagi para pembaca. saran atau kritik dapat dialamatkan ke email Mipsos: mipsos.p4tk@gmail.com, atau melalui dapat melalui website ini mipsos.wordpress.com. atau dapat pula dialamatkan langsung ke alamat redaksi MIPSOS, yaitu PPPPTK PKn dan IPS Malang, Jalan Veteran 9 Malang. (nask,red)


Responses

  1. kapan buletinnya dibagikan….?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: